AMALIYAH, AISYAH and Koryati, Dewi and AR, Rusmin (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87203_06031181419022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (752kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (321kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419022_0022086402_0026085607_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dan dengan bentuk one group pre-test – post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga terpilih kelas X IPS sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumupulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu t-test, sehingga hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 20,17 di mana thitung > ttabel = 20,17 > 1,68 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Disarankan guru yang akan menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning agar dapat mendampingi peserta didik dalam melakukan pemeriksaan secara cermat. Guru juga harus memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan suatu konsep, teori, dan pemahaman melalui contoh yang mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, model discovery learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 962 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 03:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 03:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9045 |
Actions (login required)
View Item |