PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LEVEL 6 LITERASI MEMBACA MENGGUNAKAN QUIA WEB DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

ADELIA, NESHA and Nurhayati, Nurhayati (2023) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LEVEL 6 LITERASI MEMBACA MENGGUNAKAN QUIA WEB DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924005_0018076202_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924005_0018076202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan soal-soal asesmen kompetensi minimum level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web di SMA Negeri 8 Palembang memiliki tujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik, 2) merancang soal AKM level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web, 3) mendeskripsikan hasil validasi ahli, 4) mendeskripsikan hasil uji validitas dan reliabilitas soal, 5) mendeskripsikan hasil analisis butir soal. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan hasil modifikasi metode pengembangan milik Gall, Gall & Borg (2003) dan Djiwandono (2011). Data penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan penyebaran angket kebutuhan dan hasil validasi ahli, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui hasil uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis butir soal. Soal AKM level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web yang disusun sebanyak 50 butir soal dalam 5 bentuk yang berstandar HOST dan memperhatikan konten, konteks, serta kognitif. Hasil uji validasi ahli bahasa dan evaluasi, menunjukan bahwa soal AKM berkategori sangat layak, namun tetap harus dilakukan revisi. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, 50 butir soal yang dibuat sudah valid dan reliabel. Sedangkan hasil analisis butir soal, menyatakan semua soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan hasil daya pembeda menunjukan soal berkategori baik. Dengan demikian, dari hasil keseluruhan analisis dapat disimpulkan bahwa soal AKM level 6 literasi membaca yang disusun berkategori sangat layak, valid, reliabel, dengan tingkat kesukaran sedang, dan daya pembeda yang baik, sehingga soal siap digunakan dalam evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, AKM, Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Nesha Adelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:09
Last Modified: 21 Mar 2023 02:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91257

Actions (login required)

View Item View Item