PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LEVEL 6 LITERASI MEMBACA MENGGUNAKAN TESTMOZ DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

SARI, ANI PUSPITA and Nurhayati, Nurhayati (2023) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LEVEL 6 LITERASI MEMBACA MENGGUNAKAN TESTMOZ DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_01_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_01_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_03.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (434kB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181924003_0018076202_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021181924003_0018076202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal dengan tipe AKM menggunakan Testmoz yang dapat diterapkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rancangan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa; (2) merancang produk berupa soal�soal AKM level 6 literasi membaca; (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli; (4) mendeskripsikan hasil validitas dan reliabilitas soal AKM; dan (5) mendeskripsikan hasil analisis butir soal AKM. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 5 tahap pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari metode pengembangan Gall, Gall & Borg (2003) dan Djiwandono (2011). Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket. Soal-soal AKM disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palembang. Peneliti menyusun 50 butir soal yang berpedoman pada komponen AKM berupa konten, konteks, dan proses kognitif. Pada 50 butir soal tersebut, terdapat 19 teks wacana yang berbeda. Berdasarkan hasil uji validasi ahli, soal-soal AKM yang kembangkan berkategori layak. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa butir soal yang dibuat sudah valid dan reliabel. Sementara itu, hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa terdapat 49 butir soal AKM yang memiliki tingkat kesukaran sedang dan 1 butir soal memiliki tingkat kesukaran rendah. Hasil analisis daya pembeda menunjukkan bahwa 48 dari 50 butir soal AKM memiliki daya beda sangat baik, dan 2 soal memiliki daya beda baik. Dapat disimpulkan bahwa soal-soal AKM level 6 literasi membaca menggunakan Testmoz berkategori layak, valid, reliabel, memiliki tingkat kesukaran sedang, dan memiliki daya pembeda sangat tinggi sehingga bisa dipergunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Soal AKM, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Ani Puspita Sari
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:27
Last Modified: 21 Mar 2023 08:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91341

Actions (login required)

View Item View Item