HARTATI, TRI RIZKI and Pasaribu, Abidin (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGONSTRUKSI GRAFIK PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181924003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (45kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181924003_0002026002_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengonstruksi grafik pada pokok bahasan termodinamika di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk essai. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya tahun akademik 2022/2023 yang berjumlah 47 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 37,9% mahasiswa cukup mampu dalam menjawab soal mengonstruksi grafik pada pokok bahasan termodinamika secara keseluruhan yang terletak pada skor 2, namun masih dikategorikan rendah. Sedangkan dilihat dari segi pokok termodinamika yang dijadikan objek penelitian, untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik tekanan terhadap volume berada pada skor 3 dikategorikan rendah yaitu sebesar 31,21%, untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik tekanan terhadap suhu berada pada skor 2 dikategorikan cukup yaitu sebesar 48,94%, dan untuk kemampuan mahasiswa mengonstruksi grafik volume terhadap suhu berada pada skor 2 dikategorikan rendah yaitu sebesar 40,96%. Dengan demikian, peneliti menyarankan bagi peneliti berikutnya agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat kemampuan mahasiswa dalam membuat grafik termodinamika. Sedangkan bagi pendidik, dapat membiasakan dalam memberi penjelasan materi-materi yang relevan dengan grafik serta melatih peserta didik untuk dapat mengonstruksi dan membaca grafik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Termodinamika, Mengonstruksi Grafik |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Tri Rizki Hartati |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:00 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91851 |
Actions (login required)
View Item |