ARIYANASARI, DWI and Buchari, Erika (2005) STUDI KARAKTERISTIK ANGKUTAN UMUM BUS DI PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03003110013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (55MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (27MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110013_0030106009_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Studi karakteristik angkutan umum bus di Palembang ini dilakukan pada 'seluruh rute angkutan umum bus yang ada di Palembang yaitu Plaju - KM 12 , Plaju - perumnas , Plaju- Pusri, Terminal Karya Jaya - KM 12 , Terminal Karya Jaya - Pusri, Terminal Karya Jaya - Perumnas dan Bukit - Ampera . Peneliti di Latar belakangi oleh bertambahnya jumlah penduduk yang memicu bertambahnya jumlah angkutan umum bus, banyaknya pelanggaran rute dan peraturan lalu lintas, serta angkutan umum bus yang menaikkan dan menurunkan tanpa jadwal yang tetap. Permasalahan yang ada adalah bagaimana karakteristik rute angkutan bus, umum berapa jumlah kendaraannya, berapa Service frequency yang didapat, bagaimana tempat pemberhentiannya, bagaimana kepadatan penumpang pada ruas-ruas jalan tertentu..Adapun Kecepatan rata - rata angkutan umum bus yang diteliti yaitu jurusan Terminal Karya Jaya - Perumnas kecepatan rata - rata sebesar 21.98 km/jam, dengan jarak tempuh bus jurusan Terminal Karya Jaya - Perumnas tersebut adalah 21 km.Kecepatan rata - rata bus jurusan Terminal Karya Jaya - Pusri sebesar 22.33 km/jam, dengan jarak tempuh 17 km. Kecepatan rata - rata bus jurusan Ampera - Bukit sebesar 16,62 km/jam, dengan jarak tempuh 6 km. Kecepatan rata-rata bus jurusan Plaju - Perumnas sebesar 22.88 km / jam, dengan jarak tempuh 21 km. Kecepatan rata-rata bus jurusan Terminal Karya Jaya - KM 12 sebesar 22.61 km/jam, dengan jarak tempuh 20 km. Kecepatan rata - rata bus jurusan Plaju - Pusri sebesar 21.45 km/jam , dengan jarak tempuh 17 km. Kecepatan rata- rata bus jurusan Plaju - KM 12 sebesar 19.22 km/jam, dengan jarak tempuh 20 km. Ada perbedaan perhitungan penentuan jumlah angkutan umum bus antara cara DISHUB dan cara Faulks, cara DISHUB menghitung jumlah angkutan umum sebagai rasio potensi penumpang dengan jumlah sea\,Faulks menghitung jumlah angkutan umum sebagai rasio dua kali waktu perjalanan ditambah total waktu berhenti dengan Service frekuensi. Diperoleh perbedaan hitungan seperti Terminal Karya Jaya-Perumnas sebesar 41.54 % dari jumlah angkutan resmi DISHUB, Terminal Karya Jaya - Pusri 28 % nya, Bukit - ampera 15.49% nya, Terminal Karya Jaya - Km 12 24,55 % nya, Plaju - KM 12 12,5 % nya, Plaju - Pusri 43,67 % nya, Plaju - Perumnas 26,92 % nya. Perbedaan tersebut menunjukkan cara Faulks lebih efektif, sehingga tidak ada bus yang ngetem dan pindah jalur trayek, namun dituntut kontrol pada perhitungan titik kontrol tertentu. Selain itu data menunjukkan bahwa penumpang naik paling banyak pada awal ruas dan terjadi penurunan pada kedua ruas berikutnya.Hal ini terjadi pada seluruh rute angkutan umum bis yang diteliti. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah dan pola permintaan menunjukkan karakteristik yang sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik angkutan umum |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:09 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95147 |
Actions (login required)
View Item |