HANDAYANI, UMI and Subadiyono, Subadiyono and Kasmansyah, Kasmansyah (2018) PENGEMBANGAN BUKU TEKS MENULIS TEKS BERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (423kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (525kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (288kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_ 06021381419056 _0025075602_0016065602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual telah dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dan guru membutuhkan buku teks menulis teks berita untuk membantu siswa belajar secara mandiri, menumbuhkan minat menulis siswa, dan memotivasi siswa melalui buku teks yang menarik dan mudah dipahami. Uji validitas buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual divalidasi oleh tiga pakar yaitu ahli materi/isi, ahli kebahasaan, dan ahli kegrafikaan. Uji validitas oleh ahli materi mendapat skor 15 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan baik, uji validitas dari ahli kebahasaan mendapat skor 14 dari skor masksimal 16 dan dikategorikan sangat baik, dan uji validitas oleh ahli kegrafikaan mendapat skor 17 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi tersebut, buku teks menulis teks berita dikategorikan valid. Uji kepraktisan buku teks ini dilihat dari hasil uji kepraktisan oleh 3 siswa melalui uji coba one-to-one yang mendapat nilai dengan skor 34, 37, 36 dari skor maksimal 40. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual ini praktis digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks, pendekatan kontekstual, teks berita, validitas, uji kepraktisan |
Subjects: | L Education > LT Textbooks > LT6-501 Textbooks. Class here textbooks covering several subjects. For textbooks on particular subjects, see the subject in B-Z |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 08:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/958 |
Actions (login required)
View Item |