EVALUASI KEBERHASILAN REKLAMASI DISPOSAL SELATAN DI PT. BARA ENERGI LESTARI (Similarity)

Yusuf, Maulana (2020) EVALUASI KEBERHASILAN REKLAMASI DISPOSAL SELATAN DI PT. BARA ENERGI LESTARI (Similarity). Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of EVALUASI_KEBERHASILAN_REKLAMASI_DISPOSAL_SELATAN_D.pdf] Text
EVALUASI_KEBERHASILAN_REKLAMASI_DISPOSAL_SELATAN_D.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Bara Energi Lestari merupakan salah satu perusahaan tambang batubara di Provinsi Aceh. Perusahaan tersebut telah melakukan aktivitas penambangan sejak tahun 2012. Perusahaan tersebut juga telah melakukan reklamasi yang disesuaikan dengan ketentuan dan perundang–undangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan reklamasi dan mengetahui penilaian hasil akhir berupa persentase keberhasilan reklamasi pada disposal selatan (Menurut Kepmen ESDM No 1827K/30/MEM Tahun 2018). Dari hasil perbandingan data antara rencana dan realisasi reklamasi disposal selatan diketahui bahwa rencana penatagunaan lahan disposal selatan seluas 2 hektar namun realisasinya tercapai 0,97 hektar dan rencana penebaran tanah pucuk sebesar 2.000 m3 terealisasi sebesar 1.455 m3. Rencana revegetasi yang telah dibuat sebesar 500 pohon tetapi realisasi yang ditanam sekitar 260 pohon. Penyebab tidak terealisasi sesuai dengan rencana karena adanya perubahan luasan area disposal tersebut. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan data rencana dan realisasi yang telah diperoleh dilapangan. Hasil penelitian menunjukan persentase keberhasilan reklamasi adalah sebesar 75,3% dan masuk dalam kategori sedang dapat diterima tetapi dengan catatan harus dilakukan perbaikan hingga mencapai nilai > 80%.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Tn Maulana Yusuf
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:18
Last Modified: 27 Apr 2023 06:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97501

Actions (login required)

View Item View Item