Bukti Korespondesi artikel : Metode Interpolasi Modifikasi Kostaki dalam Menentukan Peluang Meninggal untuk Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Berjangka

Resti, Yulia (2020) Bukti Korespondesi artikel : Metode Interpolasi Modifikasi Kostaki dalam Menentukan Peluang Meninggal untuk Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Berjangka. FMIPA Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 16 Metode Interpolasi Modifikasi Kostaki dalam Menentukan Peluang Meninggal.pdf] Text
16 Metode Interpolasi Modifikasi Kostaki dalam Menentukan Peluang Meninggal.pdf - Other

Download (195kB)

Abstract

Asuransi jiwa berjangka n-tahun merupakan produk asuransi jiwa dimana tertanggung akan menerima manfaat jika risiko yang dipertanggungkan selama n-tahun terjadi sebelum n-tahun berakhir. Penentuan premi produk asuransi jiwa berjangka n-tahun memerlukan peluang meninggal dalam interval usia satu-tahunan. Penelitian ini membahas tentang penentuan peluang meninggal interval usia satu-tahunan menggunakan metode interpolasi Kostaki Modifikasi dengan Lagrange 6 titik dan metode interpolasi Kostaki Modifikasi dengan Heligman-Pollard dari tabel mortalita ringkas Amerika 2010 dimana hasil interpolasi terbaik yang diperoleh digunakan untuk menentukan premi asuransi jiwa berjangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil interpolasi peluang meninggal interval usia satu-tahunan menggunakan metode interpolasi Kostaki Modifikasi dengan Lagrange 6 titik lebih baik daripada hasil interpolasi modifikasi dengan Heligman-Pollard, baik berdasarkan nilai MAE. Hasil ilustrasi perhitungan premi untuk produk asuransi berjangka menunjukkan bahwa peluang meninggal interval usia satu-tahunan diperlukan untuk mendapatkan nilai premi yang lebih akurat dan perbedaan peluang meninggal dalam interval usia satu-tahunan dan interval usia lima-tahunan signifikan mempengaruhi perhitungan premi asuransi jiwa berjangka.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 44201-Mathematics (S1)
Depositing User: Mr. Irsyadi Yani, S.T., M.Eng., Ph.D.
Date Deposited: 28 Apr 2023 23:10
Last Modified: 28 Apr 2023 23:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97962

Actions (login required)

View Item View Item