Abdullah, Muhammad Yusuf (2009) MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. In: Seminar Nasional Pendidikan, 14 Mei 2009, Palembang. (Unpublished)
Preview |
Text
Multirepresentasi_dalam_Pembelajaran_Fisika.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Konsep fisika dapat direpresentasikan dalam banyak format (multirepresentasi). Namun selama ini fisika lebih banyak diajarkan melalui rumus-rumus matematik, dengan sedikit sekali mengajarkan makna fisis dari rumus-rumus tersebut. Padahal matematik hanyalah salah satu format representasi. Representasi-representasi lain yakni representasi verbal, gambar atau diagram, dan representasi grafik masih sedikit sekali digunakan dalam pembelajaran. Dari banyak hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan multirepresentasi dapat membantu siswa/mahasiswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Makalah ini memaparkan pengertian multirepresentasi, mengapa menggunakan multirepresentasi, dan bagaimana menggunakan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Yusuf Adullah |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:00 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10314 |
Actions (login required)
View Item |