PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EFEK DOPPLER DENGAN MEDIA INTERAKTIF MELALUI FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

A.R., Aisyah (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EFEK DOPPLER DENGAN MEDIA INTERAKTIF MELALUI FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3 (1). pp. 1-11. ISSN 2087-9903

[thumbnail of PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_EFEK_DOPPLER.docx] Text
PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_EFEK_DOPPLER.docx

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar efek dopler dengan media interaktif melalui facebook yang valid dan praktis, (2) mengetahui efek potensial materi pembelajaran efek doppler dengan media interaktif melalui facebook dengan observasi dan test kognitif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitiannya adalah penelitian pengembangan jenis penelitian formatif. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu: evaluasi diri, prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi ) dan uji lapangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang berjumlah 36 siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bahan ajar efek Doppler dengan media interaktif memiliki efek potensial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan yang menunjukkan minat dan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,89 dalam kategori baik dengan kriteria ketuntasan minimal 63, yaitu sebesar 94,44 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahan ajar efek dopler, media interaktif, facebook.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:36
Last Modified: 08 Oct 2019 02:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item