Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Fatimah, Siti (2013) Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2013. pp. 1-16.

[thumbnail of PENINGKATAN_PEMAHAMAN_PEMB_LANGSUNG.doc] Text
PENINGKATAN_PEMAHAMAN_PEMB_LANGSUNG.doc

Download (118kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Akuntansi melalui model pembelajaran langsung semester ganjil 2010/2011 di program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Rendanya hasil belajar mahasiswa untuk nilai baik dan sangat baik memberikan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang member makna bagi mahasiswa. Agar perkuliahan menjadi lebih produktif perlu dilakukan perbaikan desain dan strategi perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran langsung dimana model pembelajaran ini lebih penekanan di latihan-latihan yaitu latihan terstruktur, latihan terpimpin dan latihan bebas, yang memungkinkan mahasiswa untuk penguasaan yang maksimal. Subjek penelitin ini adalah mahasiswa semester I tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 49 orang dan 1 dosen. Penelitian ini menggunakan tiga siklus pertemuan yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menjajaki permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakan yang dipilih dengan menggunakan model pembelajaran langsung maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, dan diakhiri siklus ketiga. Hasil yang diperoleh dari hasil tes untuk mahasiswa semuanya dilaporkan secara deskriptif kualitatif. Secara umum hasilnya menunjukkan perkuliahan dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa yang dilihat dari peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Pada akhir siklus ketiga semua indicator dapat tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung proses perkuliahan dan hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Disarankan kepada dosen untuk memvariasikan strategi dan model pembelajarannya, sedangkan untuk mahasisw sebaiknya lebih rajin dalam mengerjakan latihan/tugas yang diberikan dosen jangan hanya menyalin punya temannya. Kata Kunci : pemahaman mahasiswa, model pembelajaran langsung.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:27
Last Modified: 08 Oct 2019 07:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item View Item