Sumarni, Sri (2011) Pengembangan Buku Kerja Untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 151-160. ISSN 2087-9903
Preview |
Text
PENGEMBANGAN_BUKU_KERJA.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku kerja untuk mata kuliah Pendidikan Pancasila yang valid, praktis, dan efektif untuk mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dan model pembangunannya adalah model IDI. Penelitian ini terdiri dari tiga langkah, yaitu: analisis kebutuhan, pprototipe dan evaluasi. Kegiatan analisis kebutuhan yang dilakukan meliputi : analisis bahan, analisis buku pendidikan, review literatur buku kerja mahasiswa, wawancara dengan mahasiswa dan dosen penanggung jawab mata kuliah dan mempelajari karakteristik mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dikembangkan prototipe buku kerja. Setelah itu prototipe ini divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli konstruksi dan ahli content. Pada langkah evaluasi, protipe diuji cobakan pada mahasiswa PS keperawatan pada STIK Bina Husada Palembang semester pertama dan diamati oleh dua pengamat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) buku kerja mata kuliah Pancasila yang dirancang dinyatakan valid berdasarkan pengamatan ahli, 2) penggunakan buku kerja tersebut dalam proses pemebelajaran tidak menghadapi halangan, baik didasarkan pada pengamatan mahasiswa maupun dosen, dan 3) buku kerja tersebut efektif yang ditunjukan dari hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku kerja mahasiswa, kontruktivisme, mata kuliah pendidikan pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Tiwi Pratiwi Marini |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 03:37 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 03:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10377 |
Actions (login required)
View Item |