Keanekaragaman dan Kelimpahan Serangga di Kawasan Jakabaring Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA

Riyanto, Riyanto and Purwanto, PP Peri and Arifin, ZA Zainal and Susanti, RS Rahmi (2015) Keanekaragaman dan Kelimpahan Serangga di Kawasan Jakabaring Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA. Keanekaragaman dan Kelimpahan Serangga di Kawasan Jakabaring Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA, - (-). pp. 1-14.

[thumbnail of Makalah_semnas_Pend_Bio-IPA_2015_FKIP_Unsri.compressed.pdf]
Preview
Text
Makalah_semnas_Pend_Bio-IPA_2015_FKIP_Unsri.compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman dan Kelimpahan Serangga di Kawasan Jakabaring Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA* oleh Riyanto, Peri Purwanto, Zainal Arifin, dan Rahmi Susanti Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Sriwijaya Jln. Palembang-Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sum-Sel Email: riyanto1970@yahoo.com ABSTRAK     Penelitian keanekaragaman dan kelimpahan serangga di kawasan Jakabaring kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang dan sumbangannya pada pembelajaran biologi SMA telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan serangga sebagai dampak perubahan peruntukkan lahan di kawasan Jakabaring Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Penelitian menggunakan metode survei. Koleksi sampel menggunakan alat tangkap dan perangkap serangga. Hasil penelitian ditemukan 9 ordo, 64 famili, 161 spesies dan 7.104 individu. Ordo-ordo seranga yang ditemukan, yaitu Blattodea, Coleoptera, Diptera, Hemiptera, Hymenoptera, Lepidoptera, Mantodea, Odonata, dan Orthoptera. Indeks Keanekaragaman serangga (H?) = 1,60 artinya keanekaragamannya sedang. Indeks kemerataan (E) = 0,31 menggambarkan bahwa kemerataannya rendah dan indeks dominansi serangga (D) = 0,48 menunjukkan ada beberapa jenis serangga yang mendominansi kawasan tersebut. Keanekaragaman serangga tertinggi terdapat di rawa alami (85 spesies), diikuti area timbunan (73 spesies), area perumahan (71 spesies), dan di area perkantoran (67 spesies). Kelimpahan serangga tertinggi terdapat di area perumahan (3.082 individu dan KR= 43,38%), area perkantoran (2.102 individu dan KR= 29,59%,) area timbunan (1.388 individu dan KR= 19,54% ) dan kelimpahan serangga terendah ditemukan di rawa alami (532 individu dan KR= 7,49%). Perubahan lingkungan seperti berkurangnya keanekaragaman vegetasi tumbuhan dan ketersediaan makanan di masing-masing lokasi menyebabkan keanekaragaman jenis dan kelimpahan serangga yang didapatkan berbeda-beda di setiap lokasi. Informasi mengenai keanekaragaman dan kelimpahan serangga yang terdapat di Kawasan Jakabaring akan disumbangkan pada materi pelajaran biologi SMA kelas X pada materi pokok Arthropoda Kompetensi Dasar 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan. Kata Kunci: Keanekaragaman, Kelimpahan, Serangga, Jakabaring.

Item Type: Article
Additional Information: Perubahan ekosistem berpengaruh pada keanekaragaman dan kelimpahan serangga
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Kelimpahan, Serangga, Jakabaring, Palembang
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC65-245 Social aspects of education
Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Riyanto Riyanto
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:31
Last Modified: 09 Oct 2019 06:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item