Yulianti, Anggi and Riyanto, Riyanto and Meilinda, Meilinda (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Jurnal Pembelajaran Biologi FKIP Unsri, 01 (01). pp. 21-29. ISSN 2355-7192
Preview |
Text
Artikel_Penerapan_strategi_ICM.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas sampel. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest-postest design. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t, hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas percobaan pada materi KD 2.1 Untuk tes awal sebesar 50,76 dan untuk tes akhir nya 81,46. Hasil belajar menunjukan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata 31,22 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 14 Palembang. Nilai penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas XI IPA 3 selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Macth yaitu dalam kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Alternatif strategi Pembelajaran Biologi SMA |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Macth (ICM), hasil belajar dan aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC65-245 Social aspects of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Riyanto Riyanto |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10450 |
Actions (login required)
View Item |