Pemetaan dan Pengembangan Mutu Mata Pelajaran Biologi SMA di OKU Timur dan Palembang*

Riyanto, Riyanto (2014) Pemetaan dan Pengembangan Mutu Mata Pelajaran Biologi SMA di OKU Timur dan Palembang*. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 01 (01). pp. 550-561. ISSN 978-608-602-70135-0-6

[thumbnail of Makalah_proseding_semnas_evaluasi_pend,_UNI_8_maret_2014.pdf]
Preview
Text
Makalah_proseding_semnas_evaluasi_pend,_UNI_8_maret_2014.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Abstraks Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi pemetaan dan pengembangan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kebijakan yang termasuk penelitian deskriptif. Penelitian kebijakan adalah untuk memberikan informasi tentang rumusan kebijakan peningkatan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang. SMA yang menjadi sampel sebanyak 27 yang mempunyai jurusan IPA, yaitu sembilan SMA di Palembang dan 18 SMA di OKU Timur. Responden terdiri dari guru mata pelajaran biologi, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan bendahara sekolah. Teknik pengambilan data untuk guru adalah FGD, sedangkan selain guru adalah angket. Hasil penelitian, yaitu: 1. Peta kompetensi siswa SMA untuk mata pelajaran biologi yang telah diujikan melalui ujian nasional di OKU Timur dan Palembang bervariasi, misalnya sebagian kompetensi dasar (KD) pada tingkat rayon lebih rendah dari regional atau sebaliknya. 2. Faktor penyebab siswa SMA tidak menguasai pokok bahasan tertentu adalah guru tidak menguasai materi, biologi pengembangan keprofesionalan kurang dan MGMP biologi tidak berjalan. 3. Alternatif solusi pemecahan masalah adalah pelatihan membuat perangkat pembelajaran biologi, peer teaching, pendalaman materi biologi dan mengaktifkan kembali MGMP biologi. 4. Rancangan model peningkatan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang yang diusulkan, yaitu melibatkan LPMP sebagai penjamin mutu, LPTK sebagai produsen dan DIKNAS sebagai pengguna. Guru dan pengawas mata pelajaran biologi yang masih mendapat skor KD dari 55 harus mendapat pembinaan melalui kegiatan lesson study biologi sehingga menjadi lebih profesional. Kata Kunci: Pemetaan, Pelajaran Biologi dan Kompetensi

Item Type: Article
Additional Information: Pemetaan mutu mata pelajaran biologi di Sum Sel
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Pelajaran Biologi dan Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Riyanto Riyanto
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:32
Last Modified: 09 Oct 2019 06:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item