Riyanto, Riyanto (2005) Rencana Pelajaran pada Topik Pengenalan Insekta dengan Pendekatan Model Pengajaran Langsung Pada Pelajaran Sains Biologi SMP. makalah seminar kenaikan pangkat ke lektor, - (-). pp. 1-11.
Preview |
Text
RP_pada_Topik_peng_Insekta_dgn_pend_Model_peng_langsung_pd_Pel_sains_Bio_SMP__Lektor_.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini mencoba memaparkan secara singkat bagaimana rencana pelajaran (RP) pada topik pengenalan insekta dengan pendekatan model pengajaran langsung pada pelajaran sains biologi SMP. RP dibuat dengan pendekatan CTL dan model pengajaran langsung. Pendekatan CTL mencakup tujuh unsur atau prinsip utama, yaitu kontrukstivisme (Contructivism), menemukan (Inquiry), bertanya (Questioning), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection) dan penilaian yang sebenarnya (Authentic Assesment). Di dalam kelas PBI, peran guru berbeda dengan kelas tradisional. Peran guru di dalam kelas pada model pengajaran langsung antara lain sebagai berikut: 1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa. 2. Mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan. 3. Membimbing pelatihan. 4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. 5. memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. RP pada topik pengenalan insekta dengan pendekatan model pengajaran langsung pada pelajaran Sains Biologi SMP sangat tepat, model pengajaran langhsung merupakan aplikasi dari pendekatan CTL. Oleh karena itu diharapkan para guru biologi SMP dapat menerapkannya di sekolah. Pendekatan CTL dan pengajaran langsung perlu diterapkan sehingga pelajaran di sekolah lebih bermakna
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | - |
Uncontrolled Keywords: | RPP, Insekta, Model Pengajaran langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Riyanto Riyanto |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10464 |
Actions (login required)
View Item |