Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional

Riyanto, Riyanto Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri, - (-). pp. 1-12.

[thumbnail of Studi_Kelayakan_RPP_dari_Lamp_Hasil_Pen_pd_Skripsi_di_Prog_Studi_Pend_2.pdf]
Preview
Text
Studi_Kelayakan_RPP_dari_Lamp_Hasil_Pen_pd_Skripsi_di_Prog_Studi_Pend_2.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mendapatkan informasi tentang kelayakan atau kemampuan calon guru biologi FKIP Unsri dalam membuat perencanaan pembelajaran dari lampiran hasil penelitian pada skripsi dalam rangka memepersiapkan calon guru profesional. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai masukkan untuk peneliti dan dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel 90 perencanaan pembelajaran adalah 26,23 % yang diambil dari lampiran skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pedoman skor mengunakan buku pedoman FKIP Unsri 2005/2005 dan aspek yang dinilai menggunakan buku pedoman sertifikasi guru DIKTI 2008. Hasil penelitian menunjukkan jumlah calon guru biologi yang mendapatkan nilai kategori sangat baik (A) adalah 78,88 %, kategori baik (B) 21,12 %, dan rerata total termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 90,44. Untuk calon guru yang mendapatkan nilai kategori cukup (C), kurang (D) dan sangat kurang (E) tidak ada atau 0 %. Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran 99,11 termasuk kategori sangat baik, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar 91,22 termasuk kategori sangat baik, pemilihan sumber/media pembelajaran 82,22 termasuk kategori baik, skenario atau kegiatan pembelajaran 90,22 termasuk kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar 89,22 termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat calon guru biologi FKIP Unsri, seluruhnya dinyatakan layak dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, skenario atau kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar termasuk kategori sangat baik sedangkan pemilihan sumber/media pembelajaran termasuk kategori baik.

Item Type: Article
Additional Information: RPP merupakan pedoman bagi guru untuk aktivitas belajar mengajar di kelas
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Perencanaan Pembelajaran (RP, SP dan RPP) dan Pendidikan Biologi FKIP Unsri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Riyanto Riyanto
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:44
Last Modified: 09 Oct 2019 06:44
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item View Item