RISTANURY, TENGKU SHAFFAN and Yosef, Yosef (2023) PEMANFAATAN WACANA KASUS DALAM LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK PENINGKATAN EFIKASI DIRI WAWASAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86201_06071381924055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071381924055_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kesadaran akan pengetahuan multikultultural sangat diperlukan seseorang untuk dapat menanggapi berbagai persoalan yang berkaitan dengan budaya tanpa harus menentang hal tersebut, namun hal ini membutuhkan peran dari seorang Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efikasi diri wawasan multikultural siswa dengan menggunakan berbagai layanan dan metode salah satunya pemanfaatan kasus menggunakan layanan klasikal. Penelitian ini membahas pengaruh Pemanfaatan Wacana Kasus dalam Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling untuk Peningkatan Efikasi Diri Wawasan Multikultural Di SMA Negeri 1 Talang Kelapa, dengan menggunakan pendekatan kuantitaif jenis pre-eskperimen. Metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh keduanya ialah metode analisis Paired Sample T Test dengan menggunakan SPSS 27 for Windows Release. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan wacana kasus dalam layanan dasar bimbingan konseling memiliki pengaruh dengan temuan nilai Sig. (2-tailed) 0,01< 0,05, melalui uji paried samples T-tes yang dilakukan, hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan efikasi diri wawasan multikultural siswa dapat menggunakan layanan klasikal berbasis kasus Profile efikasi diri pada siswa laki-laki berada pada rata rata kategori sedang dengan jumlah 6 orang (50%) sedangkan untuk siswa perempuan rata rata berada pada kategori tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang (30%). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan kasus terhadap efikasi diri wawasan multikultural di SMA Negeri 1 Talang Kelapa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Efikasi Diri Wawasan Multikultural. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Tengku Shaffan Ristanury |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:13 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:13 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105868 |
Actions (login required)
View Item |