RAMADIANTI, SALSABILA and Samawati, Putu and Primadianti, Helena (2023) PENYELESAIAN WANPRESTASI ANTARA PRODUSEN KOSMETIK DENGAN INFLUENCER DALAM MELAKSANAKAN PERJANJIAN ENDORSEMENT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02011381924314.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (946kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (548kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381924314_0008038001_0014098601_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Endorsement merupakan teknik pemasaran yang melibatkan pihak ketiga (influencer) untuk mempromosikan suatu produk barang/jasa guna meningkatkan penjualan di media sosial. Namun dalam pelaksanaannya, ketentuan di dalam perjanjian endorsement seringkali bertentangan dengan peraturan hukum yang berlaku. Influencer dituntut hanya boleh menyampaikan kelebihan-kelebihan suatu produk disertai dengan klaim yang berlebihan. Hal ini berdampak pada tanggung jawab influencer apabila konsumen mengalami kerugian akibat iklan yang diproduksinya. Adapun penelitian skripsi ini akan menganalisis bentuk perjanjian endorsement dan menganalisis penyelesaian sengketa dan bentuk perlindungan hukum yang terjadi antara pihak kosmetik dan influencer dalam perjanjian endorsement. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual, menggunakan sumber bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Hasil dari penelitian bahwa endorsement merupakan bentuk perjanjian kerja tertulis yang dilakukan secara elektronik. Perjanjian endorsement yang merugikan salah satu pihak dapat diselesaikan melalui contending (bertanding), yielding (mengalah), problem solving (pemecahan masalah), dan in action (tidak berbuat apa-apa). Namun jika tetap tidak ada iktikad baik, maka salah satu pihak dapat mengajukan pembatalan perjanjian di Pengadilan Negeri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influencer; Perjanjian Endorsement; Produsen;Wanprestasi |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1024-1132 Commercial contracts K Law > K Law (General) > K1301-1366 Business associations K Law > K Law (General) > K600-615 Private law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Salsabila Ramadianti |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:23 |
Last Modified: | 31 May 2023 08:23 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/106405 |
Actions (login required)
View Item |