Rosyada, Amrina and Hudaidah, Hudaidah (2023) Relevansi Persepsi Pendidikan KH. Hasyim Asyari dan Dekadensi Moral (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)
Text (Relevansi Persepsi Pendidikan KH. Hasyim Asyari dan Dekadensi Moral (SIMILARITY))
Relevansi Persepsi Pendidikan KH. Hasyim Asyari dan Dekadensi Moral.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Abstrak KH. Hasyim Asyari merupakan salah satu pahlawan pendidikan Indonesia yang dikenal sebagai pembangun organisasi islam terbesar yaitu Nahdatul Ulama atau NU. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika yang terjadi di Indonesia yaitu penurunan tingkat moralitas. Penelitian ini memiliki tujuan mengulas bagaimana pendidikan berdasarkan persepsi KH. Hasyim yang menitikberatkan kepada moral atau etika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bersumber dari publikasi ilmiah berupa artikel, skripsi, makalah dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan fokus penelitian. Pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asyari tertuang di salah satu karya monumentalnya, yaitu kitab Adab al Alim wa al Muta'allim. Kitab ini berisi signifikasi pendidikan, tugas dan tanggung jawab seorang murid, serta tugas dan tanggung jawab seorang guru. Dalam hal ini, tugas dan tanggung jawab murid maupun guru diterjemahkan sebagai pendidikan moral yang harus dipenuhi saat pembelajaran dan merupakan satu-kesatuan dalam keseluruhan aspek yang harus dijalani seorang murid selama menempuh pendidikan. Kata Kunci: Pendidikan; Moral; KH. Hasyim Asyari
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Hudaidah Hudaidah |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:43 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108053 |
Actions (login required)
View Item |