ANALISIS KETELITIAN PENENTUAN TINGGI TITIK AS JALUR REL KERETA API DARI STASIUN SIMPANG - KAMPUS UNSRI INDERALAYA

NUGRAHA, RIDHO and Putranto, Dinar Dwi Anugerah (2007) ANALISIS KETELITIAN PENENTUAN TINGGI TITIK AS JALUR REL KERETA API DARI STASIUN SIMPANG - KAMPUS UNSRI INDERALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03023110063.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_02.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_03.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_04.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_05.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03023110063_0030066002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03023110063_0030066002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Jalan kereta api merupakan salah satu jenis prasarana transportasi darat yang penting. Dalam teknis perancanaan seperti penentuan ketinggian / kelandaian jalan kereta api diperlukan penentuan tinggi jalur rel yang teliti, agar penempatan posisi kelandaian sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Dan hal tersebut tergantung pada hasil pengukurannya dilapangan dan teknik perataan yang digunakan. Sistem perataan dalam pengukuran beda tinggi biasanya dilakukan dengan menggunakan Metode Bowdich, yaitu dengan membagi rata kesalahan beda tinggi yang didapat untuk seluruh jumlah kesalahan yang diperoleh pada setiap slag. Teknik tersebut tidak dapat diketahui dimana letak kesalahan beda tinggi yang terbesar pada setiap slag. Sementara pada kenyataannya tidak semua slag mempunyai kesalahn yang sama. Oleh sebab itu diperlukan teknik lain, agar dapat lebih teliti dalam mendistribusukan hasil perataan tersebutDalam penelitian ini akan dicoba melakukan perataan dengan menggunakan model kuadrat terkecil. Metode ini memiliki persamaan dasar BV + W = 0. B disebut matrik koefisien dengan dimensi (r x n), sedangkan V adalah matriks koreksi dengan dimensi (n x 1). Matrik W merupakan matrik kesalahan dan disebut kesalahan penutup, yang berdimensi (r x 1), matrik ini merupakan matrik yang diketahui, begitu juga matrik koefisien B. Maka, matrik koreksi V merupakan matrik yang tidak diketahui. Matrik V ini ditentukan dengan menggunakan prinsip minimum, yaitu VTPV dengan P matrik berat pengukuran yang berdimensi (n x n). Model ini merupakan model matematik yang dibangun dengan menyertakan seluruh hasil pengukuran beda tinggi. Hasil ini diharapkan akan diperoleh sebagai kontrol ketelitian dari titik-titik yang diukur, sehingga penempatan posisi jalur rel kereta api sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transportasi darat, kereta api
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF1-1620 Railroad engineering and operation
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:47
Last Modified: 12 Jun 2023 04:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109511

Actions (login required)

View Item View Item