Putri Ananda, Adeliya and Hudaidah, Hudaidah (2023) Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)
Text (Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa (SIMILARITY))
Kurikulum.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pendidikan terus berkembang seiring perkembangan zaman berlalu yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri. Salah satu organ penting dalam pendidikan yaitu kurikulum. Kurikulum dalam pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk lebih memahami perkembangan kurikulum di Indonesia dari masa ke masa yang mengalami perubahan di mulai dari kurikulum 1947 hingga kurikulum 2013. Kurikulum selalu berubah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam penulisan artikel ilmiah ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah. Dalam metode penelitian sejarah penulis banyak menggunakan sumber referensi berupa jurnal-jurnal yang relevan dan buku yang mendukung dalam menulisan artikel ilmiah tersebut. Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa kurikulum di Indonesia telah di kembangkan sebanyak 10 kali yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan 2013 yang masih digunakan hingga sekarang. Kata Kunci: Perkembangan, kurikulum, pendidikan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Hudaidah Hudaidah |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:04 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109773 |
Actions (login required)
View Item |