MININDA, ADITTYA and Arliansyah, Joni (2005) TINJAUAN PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LANDASAN PACU LAPANGAN TERBANG SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03023110121.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (49MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03023110121_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang adalah merupakan salah satu Bandara di Indonesia dengan tingkat aktivitas pergerakan pesawat yang cukup tinggi dan mengakibatkan penambahan landasan pacu. Landasan pacu yang baru dibangun memiliki tebal perkerasan yang perlu ditinjau perhitungannya dengan menggunakan metode-metode yang ada di dalam ilmu teknik sipil untuk mengetahui kemampuan landasan pacu tersebut menerima pergerakan baik yang datang maupun yang berangkat. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, Metode dengan menggunakan metode PCN/ACN bahwa tebal perkerasan yang ada sekarang mampu menahan laju pergerakan pesawat rencana dimana terlihat bahwa nilai Annual Departure yang dihitung dari tebal perkerasan yang ada melebihi nilai Annual Departure direncanakan yaitu lebih dari 3.000 pergerakan. pertama Metode kedua, dengan menggunakan metode LCN, bahwa dari perhitungan didapat tebal perkerasan total adalah 32 cm, sedangkan tebal perkerasan total yang ada melebihi 32 cm. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa perkerasan yang ada tidak perlu diadakan penambahan tebal perkerasan. Metode ketiga, dengan menggunakan Metode FAA, bahwa tebal perkerasan total yang didapat dari hasil perhitungan adalah 55,88 cm. Sedangkan tebal perkerasan yang ada melebihi 55,88 cm. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perkerasan yang ada tidak perlu diadakan penambahan dengan keawetan umur 20 tahun, namun untuk mempertahankan umur konstruksi perkerasan agar diadakan pemeliharaan konstruksi secara terus menerus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Landasan pacu, tebal perkerasan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213-215 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:43 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109845 |
Actions (login required)
View Item |