Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Balai Pengobatan Puskesmas Tanjung Batu

Misnaniarti, Misnaniarti (2004) Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Balai Pengobatan Puskesmas Tanjung Batu. Makalah kenaikan jabatan fungsional, Indralaya Kab.Ogan Ilir. (Unpublished)

[thumbnail of Makalah kenaikan jabatan fungsional] Text (Makalah kenaikan jabatan fungsional)
Abstrak_makalah_seminar_kenaikan_jabatan_AA_misnaniarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Program pengobatan di Balai Pengobatan (BP) merupakan alah satu dari 19 program pokok yang ada di Puskesmas Tanjung Batu dalam rangka memberikan pelayanan pengobatan kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Untuk dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna di Puskesmas harus tersedia fasilitas dan dana yang cukup serta tenaga kesehatan sebagai pelaksana pelayanan kesehatan. Namun bukan itu saja yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, karena perluasan dan pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan tersebut harus diimbangi pula dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan itu sendiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendapat pasien terhadap penyelenggaraan pelayanan kesehatan di BP Puskesmas Tanjung Batu tahun 2001. Penulisan makalah ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui pendapat pasien tentang pelayanan kesehatan yang mereka terima di BP. Pengumpulan pendapat pasien terhadap pelayanan kesehatan di BP diambil dari 93 pasien yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Dari pengumpulan pendapat pasien diketahui bahwa sebagian besar pasien berpendapat bahwa petugas di BP Puskesmas Tanjung Batu bersikap ramah (68,8%), sudah terampil (65,6%), tanggap terhadap keluhan (53,8%), penjelasan tentang pengobatan dan penyakit disampaikan secara jelas (63,4%), cepat dalam memberikan pelayanan (65,6%), dan sebagian besar pasien (64,5%) berpendapat seandainya sakit akan kembali berobat di BP Puskesmas Tanjung Batu. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar (67,7%) pasien/pengantar pasien menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya di BP Puskesmas Tanjung Batu. Oleh karena itu diharapkan petugas kesehatan di BP Puskesmas selalu menjaga citra pelayanan kesehatan di BP dengan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dan senantiasa bersikap ramah kepada pasien yang berkunjung

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Dr. Misnaniarti Misnaniarti
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:42
Last Modified: 18 Oct 2019 04:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item