PERANAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN OGAN ILIR PADA TAHUN 1932-1980 (SUMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA YAYASAN AL-ANWAR SERIBANDUNG)(SIMILARITY)

Syaparingga, Nelly and Hudaidah, Hudaidah (2023) PERANAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN OGAN ILIR PADA TAHUN 1932-1980 (SUMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA YAYASAN AL-ANWAR SERIBANDUNG)(SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of PERANAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN OGAN ILIR PADA TAHUN 1932-1980 (SUMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA YAYASAN AL-ANWAR SERIBANDUNG) (SIMILARITY)] Text (PERANAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN OGAN ILIR PADA TAHUN 1932-1980 (SUMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA YAYASAN AL-ANWAR SERIBANDUNG) (SIMILARITY))
PERANAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Rumusan masalah yaitu (1) bagaimana perkembangan pondok pesantren Nurul Islam (2) bagaimana peranan pondok pesantren dalam perkembangan pendidikan di Ogan Ilir, (3) bagaimana pola pendidikan yang diterapkan pesantren dalam perkembangan pendidikan di Ogan Ilir dan (4) bagaimana dampak pesantren dalam perkembangan pendidikan di Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode historis. Langkah-langkah penelitian adalah heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian adalah peranan pondok pesantren Nurul Islam Seribandung sangat signifikan dalam bidang pendidikan di Kabupaten Ogan Ilir dan Sumatera Selatan. Pesantren ini memberikan pendidikan yang berbasis Islam kepada anak-anak tanpa harus ke luar kota. Para santri dibekali dengan ilmu kemasyarakatan seperti berjanzi, ceramah, marhaban, yang merupakan metode pengembangan dakwah di masyarakat Ogan Ilir. Pesantren Nurul Islam mengalami puncak kejayaan pada tahun 1970 hingga tahun 1980 dengan jumlah santri 2.678 hingga 1.236 santri. Pondok pesantren Nurul Islam telah berhasil menamatkan santri dengan bekal ilmu agama yang cukup. Para alumni berhasil mendirikan pondok pesantren di daerahnya dan menjadi ulama yang hebat. Perubahan hidup masyarakat mengikuti pola yang diterapkan oleh pondok pesantren Nurul Islam, mulai dari perubahan akhlak, kehidupan, dan kesadaran untuk bersedekah. Kata Kunci : Peranan, Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung, Perkembangan Pendidikan Di Kabupaten Ogan Ilir

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 19 Jun 2023 23:40
Last Modified: 19 Jun 2023 23:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/111630

Actions (login required)

View Item View Item