KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE PISA MATERI ALJABAR(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE PISA MATERI ALJABAR(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Sari, S.P., Zulkardi., Darmawijoyo (2020) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE PISA MATERI ALJABAR (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.] Text (Sari, S.P., Zulkardi., Darmawijoyo (2020) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE PISA MATERI ALJABAR (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
j59 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam mengerjakan soal tipe PISA materi aljabar, dimana penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Siswa kelas VII SMP IT Harapan Mulia Palembang. Dalam penelitian ini soal yang digunakan ada 9 soal, yang merupakan soal dengan menggunakan framework PISA dengan konten Change and Relationship, dimana dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil bahwa indikator numerasi yang sering muncul adalah menggunakan angka dan simbol terkait matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari, sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator menafsirkan hasil analisis. Siswa dengan kemampuan yang tinggi memiliki kemampuan numerasi yang tinggi, ini berbeda dengan siswa dengan kemampuan yang rendah memiliki kemampuan numerasi yang kurang, hal ini disebabkan karena siswa cenderung susah dalam menarik kesimpulan atau menafsirkan hasil dari analisis yang telah dilakukan.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:07
Last Modified: 21 Jun 2023 04:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/111735

Actions (login required)

View Item View Item