MAULIDIN, MUHAMMAD and Arliansyah, Joni (2005) STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN YANG DIKEMBANGKAN BERDASARKAN TEORI FUZZY SET DENGAN METODE BINA MARGA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03003110020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (456kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (895kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110020_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41MB) | Request a copy |
Abstract
Pavement Management System (PMS) telah digunakan secara luas di dunia untuk membantu pengelola jaringan jalan untuk membuat keputusan yang konsisten dan efektif dalam menjaga investasi masyarakat dalam hal prasarana jalan. Salah satu komponen dasar dan merupakan bagian yang terpenting dari PMS adalah kemampuan untuk mereprentasikan kondisi perkerasan jalan. Pada studi ini, dibahas model penilaian kondisi jalan dengan menggunakan operasi perataan fiizzy (Fuzzy Weighted Average). Bagian terpenting dari Fuzzy Weighted Average (FWA) adalah penentuan fungsi keanggotaan yang mereprentasikan istilah linguistik dan bobot dari parameter jalan berdasarkan pendapat para ahli jalan di Indonesia. Model penilaian kondisi jalan yang didesain untuk penggunaan di Indonesia dan sebuah metode untuk menentukan fungsi keanggotaan (Membership Function) dari istilah linguistik yang digunakan dalam penilaian kondisi jalan diusulkan dan dievaluasi. Pada Metode Bina Marga survey kondisi jalan dilakukan dengan beijalan kaki sepanjang jalan dan parameter kerusakan jalan yang dicatat dalam survey ini antara lain retak, lubang, tambalan, alur, dan amblas. Hasil dari penilaian kondisi jalan yang dikembangkan berdasarkan teori Fuzzy yang ditentukan dengan menggunakan fiingsi keanggotaan dari metode yang diusulkan dibandingkan dengan metode Bina Marga. Hasil menunjukkan bahwa metode penilaian kondisi perkerasan jalan yang dikembangkan berdasarkan teori Fuzzy, kelihatannya mampu memberikan hasil yang lebih reliable dibandingkan dengan metode penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Bina Marga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pavement Management System (PMS) |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 02:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/112530 |
Actions (login required)
View Item |