PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR

Safitri, Sani and Hasmidyani, Dwi and Alian, Alian and Fatimah, Siti and Alfiandra, Alfiandra and TIARA, DINA (2023) PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6 (1). pp. 1-9. ISSN 2614-7939

[thumbnail of JURNAL JPPM_PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER.pdf] Text
JURNAL JPPM_PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi mayoritas guru masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan analisis situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode dan bentuk kegiatan pengabdian berupa pendampingan dengan 3 langkah kegiatan yaitu; (1) pelatihan terbimbing peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS, (2) simulasi pembuatan desain pembelajaran berorientasi HOTS, (3) observasi dan evaluasi produk desain pembelajaran berorientasi HOTS. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini ialah terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS yang ditandai hal sebagai berikut: (1), guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang rancangan pembelajaran berorientasi HOTS. Perbandingan hasil pre test an post test menunjukkan peningkatan yang signifikan, (2) guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat desain pembelajaran berorientasi HOTS yang diawali dengan analisis KD, menentukan target pengetahuan dan keterampilan, merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang berorientasi HOTS, dan menuliskan langkah- langkah pembelajaran yang didalamnya tergambar aktivitas yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) (3) guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat soal berorientasi HOTS.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:30
Last Modified: 03 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/114017

Actions (login required)

View Item View Item