DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DENGAN KONTEKS MEMBUAT HIASAN HIJAB BERBANTUAN ICT UNTUK SISWA SMK

ASFYRA, INTAN BUHATI and Zulkardi, Zulkardi and Putri, Ratu Ilma Indra and Hartono, Yusuf (2023) DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DENGAN KONTEKS MEMBUAT HIASAN HIJAB BERBANTUAN ICT UNTUK SISWA SMK. Doctoral thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (670kB)
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_02.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_03.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_04.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_05.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_06_ref.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84002_06013681924003_0002046104_0011086901_0010116401_07_lamp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar sistem persamaan linier tiga variabel dengan konteks membuat hiasan hijab pada pembelajaran berbantuan media ICT. Penelitian ini juga didesain untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan word problem. Desain research tipe validation study dipilih sebagai metode penelitian yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu preliminary, eksperimen, dan retrospective analysis dan dilakukan selama dua siklus utama. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, observasi, wawancara, dan dokumen berupa hasil kerja siswa. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan dideskripsikan secara narasi. Desain pembelajaran yang dikembangkan mampu membantu siswa menyelesaikan word problem sistem persmaan linier tiga variabel dimana dalam proses pembelajaran siswa diarahkan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menggunakan kreativitasnya dalam menjawab permasalahan yang diberikan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu peranan konteks membuat hiasan hijab mendukung pemahanan siswa pada materi SPLTV untuk kelas X Busana SMK melalui pendekatan PMRI, hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas yang dilakukan pada penelitian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Desain, Pembelajaran SPLTV, Lintasan Belajar, Media ICT
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84002-Mathematics Education (S3)
Depositing User: Intan Buhati Asfyra
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:20
Last Modified: 06 Sep 2023 02:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126444

Actions (login required)

View Item View Item