ANGGRAINI, DIAN MEILYNNIA and Marlina, Leni (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111381924046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (802kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381924046_0005087701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA Srijaya Negara kelas XI terhadap konsep suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakaan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Ipa 1, XI Ipa 2, dan XI Ipa 3 di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini berupa instrumen soal tentang materi suhu dan kalor yang mana soal tersebut dibuat sesuai indikator dari kemampuan berpikir kritis, instrumen soal dibuat untuk meningkatkan kegiatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 1 dengan skor tertinggi yaitu pada membuat dan menetukan nilai pertimbangan dengan skor 58,33% dan skor terendah ada 3 yaitu menganalisis argumen, melakukan dan mempertimbangkan hasil deduksi, dan mendefinisikan serta mempertimbangkan suatu definisi yang mana masing-masing memperoleh skor 13,89%. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 2 dengan skor tertinggi ada 2 yaitu Membuat dan menentukan nilai pertimbangan dan Mengidentifikasi asumsi-asumsi yang mana masing-masing memperoleh skor 70,58% dan skor terendah ada 3 yaitu menganalisis argumen, melakukan dan mempertimbangkan hasil deduksi, dan mendefinisikan serta mempertimbangkan suatu definisi yang mana masing-masing memperoleh skor 11,76%. Skor data kemampuan berpikir kritis yang telah diperoleh di kelas XI IPA 3 dengan skor tertinggi yaitu memfokuskan pertanyaan dengan skor 77,41% dan skor terendah Mempertimbangkan kredibilitas sumber dengan skor 3,22%. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA Srijaya Negara Palembang jika ditinjau dari konsep suhu dan kalor menunjukan kategori rendah. Perlu adanya upaya perbaikan siswa dalam menghadapi soal tentang berpikir kritis dan tidak hanya di materi suhu dan kalor saja tetapi di seluruh materi fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran abad 21, Konsep Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-45 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Dian Meilynnia Anggraini |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126835 |
Actions (login required)
View Item |