WULAN, AMANDA ISMI and Samawati, Putu and Ramadhan, Muhammad Syahri (2023) PENDAMPINGAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA (YLKI) DALAM SENGKETA GUGATAN GANTI RUGI KONSUMEN ATAS CACAT PRODUKSI MOBIL BMW. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02011281924231.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (337kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (261kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281924231_0008038001_0227039201_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (949kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sengketa gugatan ganti rugi konsumen yang diakibatkan oleh kualitas produksi mobil BMW yang tidak menjamin keamanan konsumen dan kurang intensifnya pengujian terhadap produk yang dihasilkan oleh produsen sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bentuk bantuan serta mekanisme pandampingan yang dilakukan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen sengketa gugatan ganti rugi konsumen atas cacat produksi dalam hal ini kasus produk mobil BMW PT. Astra Internasional dan PT. BMW Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang ditunjang dengan data wawancara (applied law research) yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan metode bahan kualitatif-interaktif. Hasil dari penelitian ini, terkait dengan pendampingan YLKI tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan tindakan secara represif, dikarenakan YLKI merupakan NGO (Non-Governmental Organization). Rumusan Pasal 46 ayat (1) UUPK menjadikan dasar YLKI dalam menentukan Gugatan atas pelanggaran pelaku usaha. Cacat produksi pada mobil BMW MY2015 BMW X5 xDrive35i melanggar ketentuan Pasal 7 huruf d dan Pasal 8 ayat (1) huruf a UUPK. Pertanggungjawaban atas cacat produksi yang seharusnya dilakukan PT. Astra Internasional dan PT. BMW Indonesia terdapat dalam Pasal 45, Pasal 47, dan Pasal 62 UUPK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen; Pendampingan; Cacat Produksi; Tanggung Jawab; Pelaku Usaha |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1026-1045 Sale of goods K Law > K Law (General) > K3941-3974 Trade and commerce K Law > K Law (General) > K600-615 Private law K Law > K Law (General) > K923-968 Torts K Law > K Law (General) > K970 Compensation to victims of crime. Reparation |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Amanda Ismi Wulan |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 08:23 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:23 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/128733 |
Actions (login required)
View Item |