PERENCANAAN KONSTRUKSI TURAP UNTUK PENANGGULANGAN LONGSOR PADA JALAN RAYA SEKARAN GUNUNGPATI SEMARANG

IZZATI, ASTIKA ULFAH and Dewi, Ratna and Yulindasari, Yulindasari (2016) PERENCANAAN KONSTRUKSI TURAP UNTUK PENANGGULANGAN LONGSOR PADA JALAN RAYA SEKARAN GUNUNGPATI SEMARANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03121001031.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_02.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_03.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_04.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_05.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03121001031_0015067401_0022077907_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Longsor adalah gerakan massa tanah atau batuan yang menuruni lereng. Longsor dapat teijadi sebagai akibat meluncurnya suatu volume di atas suatu lapisan batuan peluncur. Disamping itu, faktor geografis suatu wilayah juga dapat menyebabkan teijadinya longsor. Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh daerah pegunungan dan perbukitan yang dapat membentuk lahan miring. Sebagian besar tanah di perbukitan Semarang, yaitu pada Jalan Raya Sekaran Gunungpati merupakan tanah hasil pelapukan yang memiliki potensi longsor yang tinggi. Tahun 2011 telah teijadi longsor pada sebagian mas Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang. Oleh sebab itu, direncanakan konstruksi turap untuk penanggulangan longsor pada jalan raya tersebut. Pada penelitian ini dilakukan analisa lereng asli dan perencanaan konstruksi turap pada Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang daerah Trangkil dengan menggunakan program Plaxis. Hasil dari analisa lereng asli berupa angka keamanan lereng sebesar 1,133. Oleh sebab itu, direncanakan konstruksi turap baja berangkur untuk meningkatkan angka kemanan lereng. Pada perencanaan konstruksi untuk penanggulangan longsor pada Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang, direncanakan empat variasi pemodelan dengan memvariasikan jenis profil turap, yaitu AZ 12, AZ17, AZ14, dan AU 16. Jenis angkur yang digunakan adalah tie rod M36. Konstruksi turap AZ12 dengan menggunakan tie rod M36 dan blok angkur ukuran 1,000 m x 1,200 m dipilih sebagai konstruksi untuk penanggulangan longsor pada Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang. Hal ini disebabkan karena angka keamanan lereng sebesar 1,301, dan ukuran profil AZ12 lebih kecil dibandingkan dengan profil turap lainnya sehingga profil ini lebih ekonomis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: longsor, turap, plaxis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210-228.3 Construction details Including foundations, maintenance, equipment
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:07
Last Modified: 04 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129642

Actions (login required)

View Item View Item