STRATEGI PETANI DALAM MEMASARKAN PRODUKSI PADI LEBAK DI DESA TALANG BALAI BARU II KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR

PUTRI, DIAN DESIRIA and Yunindyawati, Yunindyawati and Yanti, Mery (2023) STRATEGI PETANI DALAM MEMASARKAN PRODUKSI PADI LEBAK DI DESA TALANG BALAI BARU II KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_02.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_03.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_04.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_05.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_06.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_07_ref.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_08_lamp.pdf] Text
RAMA_69201_07021381520067_0003067503_0004057701_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai “Strategi Petani Dalam Memasarkan Produksi Padi Lebak di Desa Talang Balai Baru II Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisis strategi pemasaran produksi padi lebak yang ada di Desa Talang Balai Baru II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, sementara jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Bauran Pemasaran dari Kotler dan Keller yang dikenal dengan konsep 4P (product, price, place, and promotion). Hasil penelitian menemukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh masyarakat di Desa Talang Balai Baru II sudah sesuai dengan konsep 4P yang dikemukakan sebelumnya, yaitu pertama produk yang dijual ke pasar merupakan hasil panen terbaik yang dimiliki oleh petani di desa tersebut. Kedua, walaupun harga yang ditawarkan oleh pembeli relatif rendah saat panen, petani tetap menjual hasil panen mereka dengan tujuan untuk membayar biaya sewa sawah, bertahan hidup dan persiapan untuk penanaman padi di tahun selanjutnya. Ketiga, petani menjual hasil panen di tempat tedekat, mudah dan terjangkau. Keempat, petani melibatkan pemerintah desa untuk menginformasikan kepada pembeli yang dalam hal ini pihak pabrik. Sementara kendala yang dihadapi petani dalam memasarkan produksi padi lebaknya itu sendiri yaitu, pertama minimnya kendaraan pengangkut padi lebak yang membuat petani hanya bisa bergantung pada pihakpabrik. Kedua, minimnya jaringan pemasaran padi lebak yang secara tidak langsung membuat petani menjual hasil panen mereka ke pihak pabrik masyarakat sekitar. Ketiga, harga beli padi relatif rendah saat panen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Petani, Produksi, Padi Lebak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Petani, Produksi, Padi Lebak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Dian Desiria Putri
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:37
Last Modified: 17 Oct 2023 08:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129904

Actions (login required)

View Item View Item