Dahlan, Muhammad Hatta and Teguh, Dedi and Utama, Febryan (2011) Kinerja Membran Keramik dalam Pengolahan Air Sumur menjadi Air Bersih. Jurnal Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, 17 (5). pp. 38-49. ISSN 0853-0963
Preview |
Text
23_Kinerja_Membran_Keramik_dalam_Pengolahan_Air_Sumur_Menjadi_Air_Bersih.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang salah satunya digunakan untuk keperluan air minum. Masalah kualitas air baku untuk air minum menjadi sangat penting karena berpengaruh pada kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya. Salah satu contoh sumber air bersih adalah air sumur. Di beberapa daerah air sumur belum memenuhi kualitas sebagai air bersih. Air sumur mengandung zat besi dan mangan yang cukup besar sehingga menyebabkan warna air tersebut menjadi kuning-coklat dan juga menimbulkan bau yang kurang enak. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengolah air sumur menjadi air bersih melalui proses filtrasi membran keramik yang terbuat dari tanah liat dan zeolit (70:30). Air sumur dialirkan melewati pori-pori membran dengan variasi laju alir 5 lpm dan 7,5 lpm. Partikel yang berukuran lebih besar dari pori membran akan tertahan yang disebut dengan konsentrat dan yang berukuran lebih kecil akan lolos melewati membran yang disebut permeat, Pada penelitian ini parameter yang dianalisa adalah laju alir masuk, TDS, dan pH, sehingga dengan proses ini diharapkan dapat menghasilkan air dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan. Kata kunci : Pengolahan air sumur, Air domestik, Membran keramik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1) |
Depositing User: | Dr. Ir. M.Hatta Dahlan |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 03:42 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 11:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13552 |
Actions (login required)
View Item |