Hartono, Hartono (2011) Mode Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Mahasiswa. In: Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4 - Peran Lesson Study dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidik dan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional Development. FMIPA Universitas Negeri Malang, Malang, pp. 432-437. ISBN 978-602-97895-5-3
Preview |
Text
artikel_7.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dan mendapatkan tipe pembelajaran kooperatif yang sesuai untuk pembelajaran pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 41 orang yang terdaftar pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diselenggarakan dalam kegiatan pengembangan keprofesionalan dosen melalui wadah lesson study yang langkah-langkahnya meliputi plan, do, dan see (refleksi). Sejumlah lima orang dosen juga terlibat dalam penelitian ini dalam tahapan kegiatan plan, observer, dan refleksi. Temuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode kelompok kecil dan presentasi dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dalam pembelajaran
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, ktrampilan komunikasi, kurikulum, buku teks kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | Dr, M.A. Hartono Hartono |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 06:22 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 06:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13692 |
Actions (login required)
View Item |