Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik Di Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Susiloningsih, Esti (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sains Peserta Didik Di Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of 1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf] Image
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (501kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apakah ada perbedaan hasil belajar sains peserta didik antara model pembelajaran experiential dengan model pembelajaran inquiry terbimbing; Apakah ada perbedaan hasil belajar sains peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dengan gaya kognitif field dependent (FD); Apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar sains peserta didik. Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar sains antara model pembelajaran inquiry terbimbing dengan model pembelajaran experiential peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD; Apakah ada perbedaan hasil belajar sains model pembelajaran experiential dengan model pembelajaran inquiry terbimbing peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan simple random sampling, desain penelitian treatment by level 2x2, pengolah data berbantukan software SPSS versi 27. Penelitian dilakukan di SD Negeri 13 Sembawa, Kabupaten Banyuasin, dengan kelas kontrol dengan model pembelajaran inquiry terbimbing dan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran experiential. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Hasil belajar sains peserta didik pada Model pembelajaran experiential lebih tinggi dari model pembelajaran inquiry terbimbing, terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.421 > 0.05. (2) Hasil belajar sains peserta didik dengan gaya kognitif FI lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD, terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.430 > 0.05. dan (3) Tidak ada hubungan interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar sains peserta didik. (4). Hasil Belajar Sains antara model pembelajaran experiential lebih tinggi dari model pembelajaran inquiry terbimbing bagi peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD, terbukti dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.157 > 0.05. (5) Hasil belajar sains model pembelajaran experiential lebih tinggi dari model pembelajaran inquiry terbimbing peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI, terbukti bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0.430 > 0.05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis data serta pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar sains peserta didik yang menggunakan model pembelajaran experiential lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing. Hasil belajar sains peserta didik dengan gaya kognitif FI lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik gaya kognitif FD. Dengan demikian model pembelajaran bersama-sama dengan gaya kognitif dapat mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Esti Susiloningsih
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:18
Last Modified: 18 Jul 2024 07:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137603

Actions (login required)

View Item View Item