Sani, Safitri (2024) Pengembangan Soal Kognitif Berbasis Hots dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia pada Masa Islam Untuk Siswa Kelas X (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.
Text (Pengembangan Soal Kognitif Berbasis Hots dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia pada Masa Islam Untuk Siswa Kelas X (Similarity))
Pengembangan Soal Kognitif Berbasis Hots dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia pada Masa Islam Untuk Siswa Kelas X (Similarity).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam pendidikan, penilaian berarti proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk tujuan hasil belajar peserta didik. Untuk laksana penilaian ini, guru memerlukan penilaian instrumen dalam bentuk soal soal yang mengembangkan HOTS. Pada era sekarangg ini,siswa harus memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), salah satunya berpikir kritis. Pentingnya keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilihat dari upaya pemerintah untuk mengintegrasikan pembelajaran yang diperkuat pada pendidikan karakter, literasi, pembelajaran era sekarang yang berbasis HOTS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal –soal berbasis HOTS yang valid. Dengan berbasis pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengukur pemikiran kritis siswa. model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan contoh pengembangan Educational Research menurut Tessmer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang bertujuan untuk menentukan validitas pertanyaan. Validitas soal pengembangan ini diperoleh berdasarkan hasil verifikasi gurupendidikan sejarah. Hasil pengembangan ini berupa soal yang terdiri dari 10 soal berbasis HOTS untuk mengukur kecerdasan kritis siswa,denan pembahasan perkembangan islam di indonesia diujikan pada siswa kelas X di SMA N 1 Tanggga Batu.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Sani Safitri |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:11 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138133 |
Actions (login required)
View Item |