ROSYADA, AMRINA and Sari, Novita (2024) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS LITERASI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081282025017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025017_0214118901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil studi internasional dan penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang berfokus pada peningkatan kemampuan penalaran matematis. Rendahnya kemampuan penalaran matematis juga berkaitan erat dengan kemandirian belajar. Aspek yang dapat menunjang kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar peserta didik adalah e-modul dan literasi matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar melalui penggunaan e-modul berbasis literasi matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek sebanyak 32 peserta didik kelas 8 SMPN 17 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi juga mempunyai kemampuan penalaran matematis tinggi dengan menunjukkan seluruh indikator kemampuan penalaran matematis. Sementara itu, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang dengan menunjukkan dua indikator kemampuan penalaran matematis dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan penalaran matematis rendah dengan menunjukkan satu indikator kemampuan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, E-Modul, Literasi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Amrina Rosyada |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 11:51 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 11:51 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138250 |
Actions (login required)
View Item |