DAMPAK PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 LAHAT

FADILA, BELLA MARTHA and Suratmi, Suratmi (2023) DAMPAK PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 LAHAT. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025031_0003128203_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025031_0003128203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pemberian reward terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian ice breaking terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian reward terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian ice breaking terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Quasi experimental sebagai metode penelitian yang digunakan. Desain penelitian menggunakan one shot case study. Subjek penelitian ini jumlahnya 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan post test. Teknik analisa data menggunakan rata-rata nilai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Memberikan stiker bintang sebagai salah satu bentuk reward berhasil menggerakkan minat siswa, sehingga mereka menjadi lebih berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan agar dapat meraih stiker tersebut. Adanya ice breaking membuat suasana yang sebelumnya terasa monoton menjadi lebih ceria dan semangat, otak akan mengalami perubahan menjadi lebih fresh untuk memahami penjelasan materi dari pengajar. Terdapat dampak pemberian reward dan ice breaking terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Pemberian reward mendorong siswa untuk belajar, mengerjakan banyak soal dan akan membuat mereka mampu menjawab soal tes hasil belajar dengan baik. Penggunaan teknik ice breaking pada dasarnya bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa menjadi tertarik dan termotivasi untuk belajar materi yang sedang diajarkan. Saat siswa benar - benar fokus selama proses pembelajaran, hal ini dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reward, Ice Breaking, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Assessment Recapitulation (Rekapitulasi Hasil Penilaian/DPNA)
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar)
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Monitoring and Evaluation of Lectures By Students
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Semester Learning Plan (RPS)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Bella Martha Fadila
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:45
Last Modified: 17 Jan 2024 02:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138420

Actions (login required)

View Item View Item