DESAIN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA KAYUAGUNG UNTUK MENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V

VALENTINA, FLOREN and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Somakim, Somakim (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA KAYUAGUNG UNTUK MENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226018_0028086503_0006046302_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar pecahan yang dapat mengkonstruksi kemampuan argumentasi siswa kelas V SD dengan menggunakan konteks Kayuagung. Penelitian ini merupakan penelitian desain berjenis studi validasi yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan (preliminary), desain eksperimen (the design experiment) yang terdiri dari pilot teaching dan teaching experiment, dan analisis retrospektif (retrospective analysis) dalam rangka memberi kontribusi terhadap teori pembelajaran lokal (Local Intructional Theory) untuk mendukung siswa berargumentasi dalam materi pecahan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi hasil pengerjaan LKPD, tes tertulis, dan wawancara. HLT (Hypothetical Learning Trajectory) yang telah dirancang kemudian dibandingkan dengan Actual Teaching Trajectory siswa selama pembelajaran pada tahap pilot teaching dan teaching experiment. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan sebuah lintasan belajar pecahan yang terdiri dari empat aktivitas, yaitu: (1) memahami makna pecahan melalui konteks menakar bahan utama resep bolu cupu, (2) memahami makna pecahan senilai melalui konteks membandingkan takaran susu pada resep bolu sepulut, (3) memahami penjumlahan pecahan berpenyebut sama melalui konteks mencampur bahan es orson, dan (4) memahami perkalian bilangan asli dengan pecahan melalui konteks menakar takaran gula untuk sejumlah bolu cupu. Analisis retrospektif terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan konteks Kayuagung dapat mengkonstruksi kemampuan argumentasi siswa. Siswa telah dapat berargumentasi menggunakan pola argumentasi data, claim, reasoning, evidence, dan rebuttal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lintasan belajar, pecahan, kemampuan argumentasi, konteks Kayuagung
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Floren Valentina
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:31
Last Modified: 30 Jan 2024 01:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140054

Actions (login required)

View Item View Item