UTAMI, ADINDA SATRIAVI and Ainy, Asmaripa (2024) SYSTEMATIC REVIEW : INOVASI PROGRAM PENCEGAHAN STUNTING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_13201_10011282025079.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_Turnitin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (942kB) |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_13201_10011282025079_0015097902_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan stunting masih menjadi masalah kesehatan gizi yang cukup serius, terutama pada negara-negara berkembang yang berpenghasilan rendah. Berdasarkan informasi dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2020, sekitar 149,2 juta anak dibawah usia lima tahun mengalami stunting. Sebagai upaya pencegahan stunting, diperlukan berbagai inovasi kebijakan maupun program/intervensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi program pencegahan stunting di negara-negara berkembang. Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan mengacu pada pedoman Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Pencarian artikel menggunakan empat database, yaitu PubMed, Science Direct, Google Scholar, dan DOAJ. Kriteria inklusi ialah artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2013-2023 dan berfokus pada populasi Wanita Usia Subur (WUS), ibu hamil, ibu menyusui, pengasuh ataupun keluarga terdekat balita, bayi dan balita, tenaga kesehatan, dan pemangku kepentingan terkait di wilayah negara berkembang. Terdapat 16 artikel yang direview dengan The Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal dan ditemukan satu artikel dengan nilai kualitas studi dibawah 50%. Inovasi program stunting yang efektif dapat dilakukan dengan edukasi gizi yang diselingi kegiatan menarik, edukasi gizi yang memanfaatkan aplikasi di smartphone, edukasi gizi yang menyertakan pemberdayaan masyarakat, serta inovasi dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dapat melibatkan tradisi lokal. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat program yaitu kurangnya sumberdaya berkompeten, sarana prasarana yang memadai, serta kerjasama dari berbagai pihak. Inovasi dalam program pencegahan stunting dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui edukasi gizi maupun PMT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Program pencegahan, Stunting |
Subjects: | K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KBM3075-3097 Public health |
Divisions: | 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1) |
Depositing User: | Adinda Satriavi Utami |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:11 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143384 |
Actions (login required)
View Item |