BALQIS, NUR AZIZAH and Najib, Abdul and Aulia, Nurul (2024) STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA DALAM UPAYA NATION BRANDING DI BELANDA TAHUN 2021-2022. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84201_07041382025169.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (693kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (722kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (569kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84201_07041382025169_0009026012_0022129307_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Gastrodiplomasi merupakan bagian dari Diplomasi Publik dan Budaya, Gastrodiplomasi digunakan untuk membuat citra baik dengan menggunakan makanan sebagai alat untuk merubah cara pandang Individu maupun Kelompok menjadi positif terhadap suatu Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Gastrodiplomasi Indonesia dalam menciptakan Nation Branding Negara Indonesia di Belanda. Penelitian ini Dianalisis menggunakan Teori Juyan zhang yaitu Mapping and comparing The Gastrodiplomacy Strategy, terdiri dari enam Strategi yaitu, product Marketing Strategy, Food Event Strategy. Coalition-Building Strategy, Media Relation Strategy, Opinion Leaders Strategy, dan Education Strategy. Penulis menggatakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan menggunakan data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui dokumen-dokumen, artikel, jurnal, laporan maupun website resmi Pemerintah. Hasil dari penelitian ini melalui penerapan enam Strategi Mapping and comparing the Gastrodiplomacy Strategys telah membuktikan bahwa Indonesia sudah melakukan Gastrodiplomasi melalui Makanan Indonesia di Belanda, sejarah Indonesia dan Belanda mendukung adanya persamaan budaya makan Indonesia dan Belanda sehingga memudahkan aktor pemerintah maupun non- aktor pemerintah dalam mempromosikan makanan Indonesia di Belanda. Hal ini telah mencapai negara Indonesia dalam menciptakan Nation Branding makanan Indonesia di Belanda.
Actions (login required)
View Item |