DAMANIK, RICA NOVY and Purnomo, Mulyadi Eko and Indrawati, Sri (2013) WACANA INTERAKSI KELAS: ANALISIS KRITIS DARI ASPEK DIMENSI SOSIAL DI KELAS 7A SMP METHODIST 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06091402013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (75MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (26MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06091402013_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Wacana Interaksi Kelas: Analisis Kritis Dari Aspek Dimensi Sosial Di Kelas 7A SMP Methodist 2 Palembang” . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi sosial meliputi ideologi dan hegemoni yang terjadi dalam interaksi di kelas 7A SMP Methodist 2 Palembang. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah praktik dimensi sosial meliputi ideologi dan hegemoni yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas 7A SMP Methodist 2 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah peristiwa interaksi kelas antara guru dan siswa, sedangkan data penelitian adalah tuturan guru dan siswa dalam peristiwa interaksi kelas pada proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas—7A—SMP-Methodist- 2 Palembang.- Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah perekaman dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ideologi behavioristik dan konstrutivistik, hegemoni guru yang dominan terlihat melalui tabel transaksi, pertukaran, gerak, dan tindak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan berupa teori dalam upaya memahami dan mengembangkan wacana lisan dalam interaksi kelas yang memperhatikan dimensi sosial antara guru dan siswa. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya meneliti wacana interaksi kelas pada tingkat sekolah yang lebih tinggi dan variabel yang lebih mendalam. Kata-kata kunci: wacana interaksi kelas, ideologi, hegemoni
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wacana interaksi kelas, ideologi, hegemoni |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:34 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/144757 |
Actions (login required)
View Item |