PEMISAHAN PENGATURAN SOCIAL COMMERCE DENGAN ELECTRONIC COMMERCE DEMI MEMBERIKAN KEPASTIAN HUKUM BAGI PERLINDUNGAN KONSUMEN

AGUSTIAN, RENDY and Samawati, Putu and Afrilia, Dian (2024) PEMISAHAN PENGATURAN SOCIAL COMMERCE DENGAN ELECTRONIC COMMERCE DEMI MEMBERIKAN KEPASTIAN HUKUM BAGI PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025158_0008038001_0013048210_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengeksplorasi hubungan antara social-commerce dengan ketidakpastian hukum dan kekurangan perlindungan hukum dalam konteks perdagangan elektronik. Social-commerce sebagai salah satu platform perdagangan elektronik dianggap tidak memiliki perlakuan pengaturan yang adil (same level playing field) dengan e-commerce jenis lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis latar belakang dibentuknya pengaturan social-commerce beserta akibat hukumnya terhadap penyelengara sistem elektronik, pelaku usaha, dan konsumen atas berlakunya Permendag No. 31 Tahun 2023 Tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual dengan mengumpulkan bahan hukum melalui studi kepustakaan. Analisis bahan hukum dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode deduktif untuk penarikan kesimpulannya. Temuan penelitian didapatkan bahwa proteksi perekonomian nasional, keadilan persaingan usaha, dan perlindungan konsumen merupakan urgensi yang melatarbelakangi pembentukan pengaturan social-commerce di dalam Permendag No. 31 Tahun 2023. Selain itu, sejak Permendag No. 31 Tahun 2023 diberlakukan, dengan mengkategorikan social commerce ke dalam salah satu jenis Perdagangan Melalui Elektronik (PMSE) membuat social-commerce juga turut memiliki regulasi perpajakan, perizinan berusaha, serta mekanisme layanan pengaduan konsumen yang berdampak positif terhadap pelaku usaha dan konsumen khususnya dari segi kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Perlindungan Konsumen, Social-Commerce
Subjects: K Law > K Law (General) > K1026-1045 Sale of goods
K Law > K Law (General) > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
K Law > K Law (General) > K7340-7512 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Farhan Suwan Murtadho
Date Deposited: 27 May 2024 01:00
Last Modified: 27 May 2024 01:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145441

Actions (login required)

View Item View Item