MUHARANI, ADE and Kurniadi, Elika (2024) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA PADA MATERI APLIKASI PROGRAM LINEAR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081282025028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (991kB) |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (660kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (404kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081282025028_0020078803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi matematis memungkinkan siswa dapat menciptakan dan menggunakan representasi untuk mengutarakan ide-ide, memecahkan suatu masalah, memodelkan serta menginterpretasikan suatu fenomena-fenomena sehingga kemampuan ini menjadi aspek yang sangat penting dari pembelajaran matematika sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran pemodelan matematika pada materi aplikasi program linear. Penelitian dilaksanakan di SMA Sriguna Palembang dengan subjek penelitiannya yaitu 35 siswa kelas XI. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini yaitu pemberian soal tes kemampuan representasi matematis sebanyak 3 soal yang digunakan untuk melihat kemampuan representasi matematis siswa, serta pelaksanaan wawancara yang digunakan untuk mengetahui pemikiran dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Dari hasil analisis jawaban siswa serta wawancara dapat disimpulkan bahwa ketercapaian pada indikator menyajikan kembali informasi 72%; merumuskan masalah ke dalam bentuk model matematika 66%; menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan permasalahan 34%; menuliskan interpretasi matematis 15%; dan melakukan verifikasi hasil 10%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran pemodelan matematika perlu ditingkatkan lagi, terutama pada penyelesaian masalah dan melakukan representasi bentuk visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi matematis, program linear, pembelajaran pemodelan matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Ade Muharani |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:06 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:06 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145556 |
Actions (login required)
View Item |