Analisis Kontribusi Bantuan Luar Negeri Terhadap Investasi Pemerintah di Indonesia

Zunaidah, Zunaidah Analisis Kontribusi Bantuan Luar Negeri Terhadap Investasi Pemerintah di Indonesia. Laporan Penelitian Lembaga Penelitian Unsri. (Unpublished)

[thumbnail of analisis_kontribusi_bantuan_luar_negeri_terhadap_investasi_pemerintah_di_indonesia.pdf]
Preview
Text
analisis_kontribusi_bantuan_luar_negeri_terhadap_investasi_pemerintah_di_indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Investasi pemerintah merupakan salah satu komponen yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan produk domestik bruto di Indonesia. pada era tahun 1970-an sampai tahun 1980-an Indonesia mendapat limpahan rezeki minyak yang merupakan komoditi andalan yang dapat membiayai investasi pemerintah, sedangkan pihak swasta nelum begitu berperan dalam melakukan investasi. dewasa ini harga minyak cenderung turun, sedangkan kebutuhan biaya pembangunan semakin membesar sejalan dengan tuntutan pembangunan saat ini. berawal dari konsidi saat ini, Indonesia meminta bantuan pinjaman luar negeri untuk membiayai kekurangan investasi pemerintah, sekalipun kebijakan ini mengandung resiko berupa pembayaran bunga dan cicilan dimasa yang akan datang. pembahasan terhadap bantuan luar setelah dilakukan penelitian, dapat diketahi bahwa perkembangan bantuan luar negeri dari tahun ke tahun mengalami pengingkatan, sedangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi bantuan luar negeri yaitu: defisit tabungan pemerintah, defisit neraca transaksi berjalan. melihat kontribusi bantuan luar negeri terhadap investasi pemerintah cenderung menurun, hal ini disebabkan adanya peningkatan tabungan pemerintah sebagai sumber pembiayaan pembangunan. pada akhirnya disarankan untuk mengurangi defisit tabungan pemerintah, pemerintah harus berupaya meingkatkan penerimaan dari faktor perpajakan dan sektot-sektor lain, sehingga ketergantungan Indonesia terhadap bantuan luar negeri semakin berkurang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Muchtar Indana
Date Deposited: 08 Nov 2019 09:44
Last Modified: 08 Nov 2019 09:44
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item