PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR PISA MATEMATIKA KONTEKS COVID-19 (PISACOMAT) UNTUK SISWA SMP

NUSANTARA, DUANO SAPTA and Zulkardi, Zulkardi and Putri, Ratu Ilma Indra and Doorman, Michiel (2023) PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR PISA MATEMATIKA KONTEKS COVID-19 (PISACOMAT) UNTUK SISWA SMP. Doctoral thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (512kB)
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_02.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_03.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_04.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_05.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84002_06013682025001_0002046104_0011086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan baru pada kurikulum sekolah dengan memberlakukan asesmen kompetensi minimum (AKM) dengan kriteria PISA sejak 2021 telah menimbulkan kebingungan bentuk pembelajaran dan penilaian baik di kalangan guru dan siswa karena keterbatasan sumber belajar di sekolah dan keterbatasan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar yang menggunakan konteks yang autentik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan lingkungan belajar PISA Matematika konteks COVID-19 (PISAComat) yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap lima level Guskey. Design research tipe development studies digunakan sebagai grand framework penelitian ini yang terdiri dari 3 tahapan: preliminary & design, formative evalution/prototyping, and assessment. Data dikumpulkan melalui angket, kajian dokumen, observasi, walkthrough, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini adalah lingkungan belajar PISAComat berupa Virtual Zoom Meeting (VZM)- Website PISAComat (WPC)- Kelas. Produk dari lingkungan belajar ini adalah aktivitas dan soal PISAComat menggunakan framework PISA 2022. Aktivitas dan soal PISAComat ini berfokus pada konten Aljabar, konteks efek multiplier dari COVID-19 dan dengan kompetensi pemahaman (L1), penerapan (L2), penalaran (L3). Selain itu, lingkungan belajar PISAComat ini mampu memberikan efek potensial menggunaka lima level Guskey yaitu 1) reaksi kepuasan guru, 2) pembelajaran guru (persepsi dan kemampuan merencakan pembelajaran), dukungan dan perubahan sekolah, implementasi guru (kemampuan melaksanakan pembelajaran) dan hasil belajar siswa siswa (kemampuan numerasi siswa) yaitu menggunakan berbagai angka dan simbol, menganalisis data dalam beragam bentuk infografis, serta menginterpretasi dan mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Aktivitas dan Soal, PISA, COVID-19, Kemampuan Numerasi, Design Research
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84002-Mathematics Education (S3)
Depositing User: Duano Sapta Nusantara
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:58
Last Modified: 26 Jun 2024 03:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/148010

Actions (login required)

View Item View Item