Hasil Turnitin Artikel PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL (TPK) MATERI FISIKA DASAR TOPIK KINEMATIKA

Sania, Lara and Syuhendri, Syuhendri and Akhsan, Hamdi (2021) Hasil Turnitin Artikel PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL (TPK) MATERI FISIKA DASAR TOPIK KINEMATIKA. Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Turnitin PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL (TPK) MATERI FISIKA DASAR TOPIK KINEMATIKA.pdf.pdf] Text
Turnitin PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL (TPK) MATERI FISIKA DASAR TOPIK KINEMATIKA.pdf.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan pengembangan satu set bahan ajar teks perubahan konseptual berbasis teori perubahan konseptual pada kinematika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh rata-rata validasi ahli sebesar 4,13 dengan kategori valid. Pada tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation diperoleh persentase rata-rata dari lembar angket mahasiswa sebesar 81,39% dan 81,75% dengan kategori praktis. Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar teks perubahan konseptual berbasis teori perubahan konseptual pada kinematika yang valid dan praktis. Bahan ajar teks perubahan konseptual ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi materi kinematika.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:40
Last Modified: 15 Jul 2024 08:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150252

Actions (login required)

View Item View Item