Ariska, Melly and Akhsan, Hamdi and Muslim, Muhammad (2020) Hasil Turnitin Artikel Analisis Dinamika Stroller (Kereta Bayi) dengan Metode Port Controlled Hamiltonian System (PCHS) berbasis Komputasi Fisika. Turnitin Universitas Sriwijaya.
Text
Turnitin Analisis dinamika stroller (Kereta Bayi) dengan metode port-controlled Hamiltonian system (PCHS) berbasis komputasi fisika.pdf.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Komputasi fisika dapat digunakan dalam membantu menyelesaikan persamaan dinamika benda yang kompleks, baik translasi maupun rotasi. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan perbedaan dinamika sistem mekanik dengan kendala tak holonomik pada berbagai ruang konfigurasi. Reduksi yang digunakan adalah perhitungan matematis persamaan Port-Contolled Hamiltonian System (PCHS) pada sistem mekanik yaitu Stroller (kereta bayi), sehingga persamaan yang digunakan dalam menentukan persamaan gerak Stroller dengan dan tanpa gesekan yang bergerak di bidang melengkung berupa permukaan bola pepat dengan syarat awal yang bervariasi. Metode ini dapat menurunkan persamaan gerak Stroller yang bergerak di bola pepat. Hasil temuan penelitian ini adalah persamaan dinamika dan grafik persamaan Stroller dengan dan tanpa gesekan yang bergerak di bidang melengkung berupa bola pepat dengan syarat awal yang bervariasi berbasis maple. Penelitian ini membuktikan konsep-konsep fisika mengenai dinamika dan kinematika serta menganalisis dinamika Stroller menggunakan komputasi fisika untuk mengetahui karakteristik gerakan Stroller yang kompleks dan rumit, baik secara translasi maupun rotasi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Hamdi Akhsan |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:40 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150257 |
Actions (login required)
View Item |