Hasil Turnitin Artikel PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IPA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP LISTRIK SISWA SMP

Sudirman, Sudirman and Kistiono, Kistiono and Ariska, Melly (2020) Hasil Turnitin Artikel PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IPA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP LISTRIK SISWA SMP. Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Turnitin Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP.pdf.pdf] Text
Turnitin Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP.pdf.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sebagai tenaga pengajar di LPTK harus mampu menghasilkan lulusan mahasiswa calon guru yang profesional tentunya tidak bisa lepas dari cara mengelola pembelajaran. Salah satunnya mengembangkan instrumen penilaian. Penelitian ini menggunakan metoda pengembangan (resesarch development) Four D yang terdiri 4 tahap yaitu definisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap awal dimulai dari analisa kebutuhan, ternyata banyak guru dalam menggunakan penilaian didominasi ranah pengetahuan sedangkan ranah sikap dan keterampilan jarang dilaksanakan. Pada tahap perancangan dikembangan soal-soal pilihan ganda untuk ranah pengetahuan, dan ranah sikap dan keterampilan dibuat rubri penilaian yang didasarkan pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator dalam silabus. Selanjutnya dirancang lembar validasi untuk memvalidasi instrumen penilaian sikap dan keterampilan yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan soal-soal divalidasi dengan uji validitas dan reliabelitas secara statistik dan diperoleh nilai 0,7 dan 0,55 dengan kategori valid dan reliable.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 15 Jul 2024 10:21
Last Modified: 15 Jul 2024 10:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150260

Actions (login required)

View Item View Item